Sistem Komputer - Sistem Operasi

Sistem Komputer

Sistem Komputer - Sistem Operasi 

Tanpa perangkat lunak (software) sebuah komputer sebenarnya sekumpulan besi yang tidak berguna. Dengan software sebuah komputer dapat digunakan untuk menyimpan, mengolah data (memproses) dan mendapatkan kembali informasi yang telah disimpan, menemukan kesalahan dalam program, memainkan games dan menggunakan banyak aktivitas lainnya yang bernilai.

Pada umumnya program komputer dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
  1. Program sistem (system program) Yang berfungsi untuk mengatur operasi dari komputer itu sendiri.
  2. Program aplikasi (application program) Yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan masalah untuk pemakainya.
Dasar yang sangat penting dari semua program sistem adalah operating system yang mengontrol semua sumber daya komputer dan menyediakan landasan sehingga sebuah program aplikasi dapat ditulis atau dijalankan.

Sebuah sistem komputer modern berisi satu atau lebih prosesor, banyak memori utama (sering disebut sebagai "core memory", walaupun magnetic cores yang sudah tidak digunakan dalam memory selama lebih satu dekade), clocks, terminal,disk, antarmuka (interface) jaringan, dan peralatan masukan/keluaran lainnya. Semua dalam semua, sebuah sistem yang kompleks, yaitu untuk menulis program yang disimpan dalam track sehingga dapat digunakan secara benar, apalagi dengan pengoptimalannya adalah sebuah pekerjaan atau tugas yang sangat sulit.

Sistem Komputer

Jika setiap programmer memfokuskan tentang bagaimana disk drive bekerja dan apa saja yang dapat dijalankan dengan benar ketika membaca sebuah block disk, mustahil bahwa banyak program dapat ditulis secara baik. Beberapa tahun yang lelu telah menjadi kejelasan bahwa banyak cara atau metode menyediakan pelindung (sheild) atau sesuatu yang dapat menyembunyikan. programmer dari kekomplekan perangkat keras. Cara yang telah berangsur-angsur berkembang adalah dengan menentukan atau membuat sebuah lapis (layer) perangkat lunak yang mengendalikan komponen pokok perangkat keras, mengatur semua bagian sistem, dan menyediakan pemakai dengan antarmuka (interface) atau virtual machine yang memudahkan memahami dan memprogram. Lapisan dari perangkat lunak adalah operating system dan hal tersebut menjadi pokok bahasan dalam artikel ini. Diagram atau lapis (layer) dapat dilihat sebagai berikut: Sistem Operasi Sebuah sistem komputer yang terdiri dari hardware, system programs dan application program Pada bagian bawah dari gambar diatas adalah perangkat keras yang didalamnya banyak terdapat alasan yang membentuk dua atau lebih lapis. Lapis yang paling bawah (physical devices) berisi perangkat fisik, yang terdiri dari integrasi circuit chips, kabel (wires), power supplies, cathode ray tubes (CRT) dan perangkat lainnya. Bagaimana perangkat tersebut dibuat dan bagaimana sistem kerjanya adalah bagian dari insinyur elektronik. Lapis berikutnya dari software primitive yang secara langsung mengontrol peralatan tersebut (physical devices) dan menyediakan interface (a cleaner interface) untuk layer berikut/diatasnya. Software ini disebut microprogram yang biasanya ditempatkan dalam read-only memory (ROM). Sebenarnya microprogram berfungsi sebagai penerjemah, mengambil (fetching) intruksi bahasa mesin, seperti ADD, MOVE dan JUMP serta melaksanakan proses-proses kecil yang saling terkait. Contohnya apabila melaksanakan instruksi ADD, microprogram harus menentukan dimana angka-angka yang ditambahkan ditempatkan (disimpan sementara), mengambilnya, menambahkannya dan menyimpan hasilnya disuatu tempat tertentu. Sekumpulan instruksi yang diterjemahkan microprogram disebut machine language (bahasa mesin), yang kenyataannya bukan bagian dari perangkat mesin semuanya, tetapi pembuat komputer selalu menjelaskannya dalam manualnya (sejenis buku panduan perangkat kerasnya), sehingga banyak orang mengira sebagai mesin sesungguhnya. Dalam banyak mesin microprogram diimplementasikan dalam hardware dan sebenarnya tidak sebuah lapis yang jelas. Bahasa mesin secara khusus memiliki antara 50 sampai 300 instruksi, yang sebagian besar untuk memindahkan data disekeliling mesin, mengerjakan aritmatika dan membandingkan nilai. Dalam lapis ini, perangkat masukan/keluaran mengontrol pemuatan nilai ke dalam register khusus. Untuk contoh, sebuah disk dapat diperintahkan membaca untuk memuat nilai dari alamat disk, alamat memori utama, besarnya byte dan memerintahkan (READ atau WRITE) ke dalam registernya. Dalam prakteknya, banyak parameter yang dibutuhkan, dan status drive sesudah operasi adalah masalah yang memiliki kekomplekan masalah yang tinggi. Terlebih banyak perangkat I/O, waktu akses adalah sebuah aturan yang penting dalam pemograman. Sebuah fungsi utama dari Operating System adalah menyembunyikan semua kekomplekan atau kerumitan dan memberikan programmer sebuah kenyamanan, kemudahan, kepraktisan dari instruksi yang digunakan untuk bekerja dengannya, sebagai contoh, READ BLOCK FROM FILE adalah konsep atau gagasan penyederhanaan daripada harus berpikir tentang bagaimana memindahkan head disk secara rinci, menunggu untuk menjadi tenang (posisi istirahat). Diatas lapis Operating System (OS) adalah untuk menempatkan software system. Dari sini ditemukan penerjemah perintah (command interpreter/shield), compiler, editor, dan application program independent. Adalah penting untuk menyadari/merealisasikan bahwa program-program ini dengan pasti bukan bagian dari SO, walaupun secara khas disediakan oleh pembuat komputer. Ini adalah penting sekali, tetapi sebagai titik kecerdikan. OS adalah bagian dari software yang dijalankan dalam kernel mode atau supervisor mode. SO memproteksi dari pemakai yang menganggu pemakain hardware (diabaikan untuk microprossors yang sebelumnya yang tidak memiliki proteksi hardware). Compiler dan editors dijalankan dalam user mode. Jika seorang tidak suka sebuah compiler khusus, pemakai bebas menulis miliknya jika dapat memilih, dan tentunya tidak bebas untuk menangani interrupt disk yang merupakn bagian dari OS dan normalnya akan memproteksi hardware terhadap usaha pemakai untuk memodifikasinya. Akhirnya, diatas layer system program berikutnya adalah application program. Program ini ditulis oleh user untuk memecahkan masalah khusus, seperti proses pengolahan data, perhitungan rekayasa atau memainkan sebuah permainan. 

Sistem Komputer - Sistem Operasi, dilanjut aja materinya silahkan klik sistem komputer.